Capture Keg. STBM di Manggarai Barat

Munculnya beragam penyakit akibat sanitasi buruk masih terjadi di berbagai belahan daerah di Indonesia. Meningkatkan kualitas sanitasi masih menjadi pekerjaan besar bagi bangsa ini. Usaha meningkatkan kualitas sanitasi tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemerintah, tetapi harus ada kerja sama serta sinergi lintas pelaku, bahkan masyarakat sendiri sebagai stakeholder utama.

Ada target besar yang ingin dicapai dalam usaha bersama peningkatan kualitas sanitasi ini, yaitu tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2019 yang salah satunya adalah diharapkan 100 persen masyarakat dapat mengakses sanitasi yang layak dan ketika point itu tercapai maka derajat kesehatan masyarakat juga akan meningkat atau lebih baik.

STBM merupakan akronim dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, adalah gerakan untuk mengubah prilaku hygiene dan sanitasi sehat dengan spirit pemberdayaan. Gerakan ini dilakukan dengan memanfaatkan serangkaian metode pemicuan (trigger), harapannya adalah masyarakat bisa menyadari masalah yang ditimbulkan dari pola hidup tidak sehat/sanitasi buruk, juga bisa memetakan apa yang mereka lakukan bersama untuk merubah keadaan tersebut menjadi lebih baik.

Dalam gerakannya, STBM berbasis pada 5 pilar, yaitu stop BABS, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga serta pengamanan limbah cair.

Di Manggarai Barat, Yayasan Dian Desa (yang disupport oleh SIMAVI Belanda) bekerja lintas sektoral dalam isu STBM. Pemerintah daerah adalah salah satu partner penting dari Yayasan Dian Desa dalam pelaksanaan program STBM di Manggarai Barat.

Turun langsung ke masyarakat (pemicuan langsung), koordinasi dengan puskesmas atau tokoh setempat, workshop dengan masyarakat, evaluasi dengan pemerintah daerah adalah serangkaian kecil kegiatan yang kami lakukan guna ‘menggaungkan’ STBM di Manggarai Barat.

Sejatinya, Gerakan STBM di Manggarai Barat bukan kerja Yayasan Dian Desa semata tetapi ini adalah kerja semua pihak. Akselerasi sinergi antar sektoral akan menjadikan STBM bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

STBM? Yuk, kerja bareng ……

Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram