Workshop Pengelolaan Sampah

Salah satu pilar STBM adalah pengelolaan sampah dengan benar. Dalam konteks lebih spesifik itu berarti ada keharusan akan pemilahan serta pemanfaatan kembali sampah yang dihasilkan.

Pilar pengelolaan sampah dengan benar pada dasarnya merujuk pada prinsip Reduce, Reuse dan Recycle (3R). Reduce, Reuse dan Recycle adalah standar dalam pengelolaan sampah ‘hijau’.

Reduce, Reuse serta Recycle menjadi recycling motto bagi para penggerak lingkungan. Para penggerak lingkungan meyakini bahwa tidak ada sampah yang tidak bisa dimanfaatkan kembali. Dengan bantuan teknologi, kreatifitas serta keuletan maka sampah apapun bisa didayagunakan kembali dan malah banyak yang bernilai ekonomis.

Paradigma masyarakat tentang sampah, ya sampah adalah sampah dan tidak mudah merubah paradigma ini. Masyarakat masih beranggapan bahwa sampah adalah barang yang layaknya berakhir di tempat pembuangan sampah.

Dalam program SEHATI yang digagas oleh SIMAVI dan 5 LSM lokal di Indonesia, sampah adalah salah satu ‘concern’ penting.

Ketika kami bicara STBM 5 pilar yang salah satu pointnya adalah pengelolaan sampah dengan benar, maka kami berinisiatif untuk ‘memantik’ kreatifitas masyarakat dengan serangkaian contoh pengelolaan sampah yang benar.

Salah satu cara memantik kreatifitas tersebut, Yayasan Dian Desa menghadirkan Ibu Margareta Subekti dalam sebuah workshop yang di ikuti 10 kecamatan di Mabar. Ibu Margareta Subekti adalah Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Sampah Komodo.

Ibu Margareta Subekti dengan koperasinya mengelola sampah di wilayah perkotaan Labuhan Bajo. Pola kerja pengelolaan sampahnya serupa dengan Bank Sampah yang juga ada di berbagai daerah lain. Pemilahan sampah dilakukan sendiri oleh nasabah Bank Sampah yang kemudian oleh staff Bank Sampah disortir ulang, dipadatkan serta dikemas untuk di jual kembali ke perusahaan-perusahaan besar pemanfaat sampah-sampah tersebut.

Selain dijual ke perusahaan-perusahaan besar, beberapa sampah tersebut di olah kembali menjadi beberapa produk kreatif seperti celemek berbahan bungkus minyak. Dengan sedikit sentuhan kreatif, sampah-sampah tersebut berubah wujud menjadi barang yang menarik dan bermanfaat.

“Ayo belajar bersama memanfaatkan sampah yang kita hasilkan”

#stbm #5pilar #reuse #recycle #reduce #3R #simavi #pemberdayaan#empowerment #creative #creativeworkshop #ntt #labuhanbajo#eastnusatenggara #sehati #shaw