Akses Air Bersih di Indonesia

Air bersih adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Air begitu penting bagi kehidupan karena air merupakan salah satu prasyarat untuk mengukur kualitas hidup manusia. Dalam konteks kualitas hidup, kami bicara secara spesifik dalam kontek kesehatan.

Walaupun air menjadi kebutuhan primer bagi manusia, sayangnya di negeri kita, akses air bersih masih menjadi masalah besar terutama di daerah-daerah terpencil. Akibatnya bisa ditebak yang salah satunya adalah masih tingginya tingkat kesakitan akibat rendahnya akses terhadap air bersih.

Disinyalir masih ada kurang lebih 100 juta penduduk Indonesia yang masih kesulitan mengakses air bersih serta tidak mempunyai sarana sanitasi yang baik.

“Apa yang bisa kita lakukan? Menunggu Pemerintah menyelesaikan masalah rendanya akses air bersih?”

Menunggu Pemerintah untuk menyelesaikan masalah akses air bersih bukanlah hal bijak. Dalam pandangan kami, jika kita bisa bergerak sendiri secara swadaya serta serta dengan semangat gotong royong maka menyelesaikan masalah akses tersebut lebih baik. Apalagi saat ini sebenarnya di tingkat desa sudah ada dana desa yang bisa didayagunakan untuk mengatasi masalah akses air bersih.

Ada banyak cerita di negeri ini dampak atas rendahnya akses air bersih dan sanitasi. Cerita-cerita tersebut tentu bukanlah cerita manis, tetapi cerita ironis.

Foto yang kamu lihat ini adalah kegiatan masyakat salah satu pulau di NTT. Mereka menyuling uap panas bumi untuk mendapatkan air bersih. Ironis bukan?

“Bagaimana dengan akses air bersih dan sanitasi sehat di tempatmu?”

#air #airbersih #airbersihuntukkeluarga #water #waterforall#wateraccess #sanitasi #sanitation #healthysanitation #community#communitydevelopment #comdev #sanitationaccess #family#panasbumi #uapair #menyuling #poor #poorpeople #wateforpoor