IPAL Berbasis Partisipatif

Pusat Teknologi Limbah Cair atau yang juga dikenal dengan nama PUSTEKLIM, pada tahun 2017-2019 mempunyai sebuah program dengan tema besar ‘Extensive Diffusin of Enhanced Participatory Communal Waste Water Treatment System in Indonesia – Penyebarluasan IPAL Komunal Berbasis Masyarakat yang Ditingkatkan Secara Intensif di Indonesia’.

Apa yang akan dilakukan di tahun 2017 sampai dengan 2019 merupakan optimalisasi teknologi pengolahan limbah cair, utamanya pada IPAL komunal agar sustainable (berkelanjutan). Dalam kontek ‘sustainable technology’, ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi, misal kemudahan untuk memperbaiki, kemudahan untuk mengganti suku cadang dan yang paling penting adalah memastikan ada operator/tenaga ahli yang bisa membuat IPAL yang telah dibangun bekerja dengan baik. Operator atau tenaga ahli tersebut bisa saja berasal dari masyarakat setempat yang sudah dilatih bagaimana mengoperasikan serta me-maintan IPAL yang ada.

Akan ada beberapa model sistem percontohan IPAL Komunal berbasis partisipatif yang akan dibangun dalam kurun waktu 2017-2019.

Ketika kita bicara partisipatif, jelas titik tekannya adalah ada partisipasi langsung dari masyarakat berkenaan dengan IPAL Komunal yang akan dibangun. Membangun sesuatu dengan proses partisipatif tentu tidak instan, it takes time. It takes time (membutuhkan waktu) karena proses partisipatif memastikan masyarakat tahu apa yang akan dibangun, masyarakat sadar atas kebutuhan teknologi IPAL juga proses partisipatif menuntut masyarakat terlibat secara langsung (kontribusi) atas apa yang akan dibangun.

Proses partisipatif menjadi sangat penting karena walaupun proses yang dibutuhkan menjadi lebih lama tetapi (biasanya) melewati proses seperti ini akan membuat apa yang dibangun bersama masyarakat sustainable dan ter-maintan dengan baik.

Apa yang membedakan teknologi IPAL PUSTEKLIM dengan yang lainnya? IPAL PUSTEKLIM mempunyai kelebihan, diantaranya:
✓ Hemat energi
✓ Tidak membutuhkan lahan yang luas
✓ Biaya pembangunan dan operasional yang murah
✓ Maintanance yang mudah
✓ Tidak menimbulkan bau

Lebih lanjut tentang program PUSTEKLIM 2017-2019, silahkan akses link berikut ini, http://pusteklim.org/detail-bantuan-rbc-gratis-dari-pustekl…

#participatory #ipalkomunal #pengolahanlimbah #limbahcair#wastetreatment #watertreatment #pusteklim #teknologilimbah #apex#aerobic #anerobic #biologicalcontactor #rbc