Dapur Sehat

Cover SampulYayasan Dian Desa telah cukup lama berkecimpung dalam pengembangan Tungku Sehat Hemat Energi (TSHE). Bicara tentang TSHE tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan keberadaan dapur.

Tungku yang telah di kembangkan menjadi lebih baik tidak akan ada artinya tanpa penataan dapur yang sehat. Dapur menjadi hal penting sebagai bagian dari program pengembangan tungku sehat hemat energi.

“Sebenarnya dapur yang baik dan sehat itu seperti apa sih?”

Ada banyak parameter untuk menyebut sebuah dapur itu sehat, diantaranya:

1. Pencahayaan yang cukup. Pencahayaan bisa bersumber dari sinar matahari/lampu.

2. Ventilasi udara yang baik. Ventilasi udara yang baik adalah salah satu parameter yang paling vital karena ventilasi udara yang baik akan membuat sirkulasi udara yang mengandung racun (asap) dapat mengalir keluar dan tidak terperangkap di dalam dapur.

3. Tata letak perangkat dapur. Tata letak setiap dapur bisa berbeda-beda sesuai dengan bentuk dapur dan fungsi dapur. Tata letak dapur sebuah rumah makan tentulah berbeda dengan dapur rumah tangga. Tata letak dapur rumah tangga-pun bisa berbeda dengan yang lain karena bentuk serta ukuran setiap dapur berbeda. Tata letak perangkat dapur yang baik akan berujung pada efisiensi ‘waktu kerja’ serta ‘keringkasan kerja’ di ruang dapur.

4. Tungku yang sehat. Dapur sehat tentu tak bisa dilepaskan dari keberadaan tungku yang sehat. Pencahayaan cukup, ventilasi udara baik, tata letak bagus tetapi tungku yang digunakan bukan tungku sehat hemat energi, maka dapur tersebut mempunyai ‘kecacatan’ yang fatal. Tungku yang tidak sehat dan tidak hemat energi akan mengacaukan banyak hal dan berbahaya bahkan bisa berujung pada kematian. Salah satu contoh, tungku yang tidak mempunyai cerobong asap ke luar rumah adalah contoh tungku yang berbahaya untuk digunakan di dapur. Tungku yang tidak mempunyai cerobong asap ke luar rumah akan memproduksi asap beracun dan memerangkapkannya di dalam dapur yang otomatis siapapun yang sedang berada di dapur akan teracuni oleh asap berbahaya tersebut.

5. Kebersihan. Dapur bisa disebut sebagai dapur sehat jika tingkat kebersihannya baik, tentu hal itu bisa dijawab dengan pengadaan tempat sampah yang tepat di ruang dapur.

Ada banyak parameter lain sebuah dapur bisa disebut Dapur Sehat, tetapi lima point di atas adalah point paling penting dibanding dengan parameter-parameter lain.

“Apakah dapur di rumahmu sudah memenuhi kriteria dapur sehat?”

#renewableenergy #energy #improvecookstove #stovealliance #tungkuhematenergi #the #dapursehat #tungkuefisien #palmsugar #healthykitchen #improvekitchen #traditionalkitchen