Insinerator DD Best

16406969_1857104314565883_5224721326770313059_nLimbah medis padat merupakan salah satu ikutan yang tidak mungkin dihindari di dalam operasi Rumah Sakit/Puskesmas. Limbah medis mencakup limbah tajam (jarum suntik, dan lain sebagainya) serta limbah medis tidak tajam (tissue, sisa organ tubuh, dan lain sebagainya). Limbah medis sangat berbahaya dan berpotensi menularkan berbagai penyakit. Penanganan yang baik mutlak diperlukan untuk mencegah potensi bahaya penularan penyakit.

Yayasan Dian Desa mengembangkan Insinerator DD Best dan insinerator DD Mini sebagai solusi insinerasi penanganan limbah medis tersebut. Kedua insinerator ini berbahan bakar biomass. Karena bahan bakarnya biomass maka tidak membutuhkan listrik sehingga biaya operasi menjadi rendah.

Desain insinerator inovatif, temperatur mencapai lebih dari 1000 derajat celcius. Pada tingkat ini semua bahan berbahaya dilebur hingga tidak berbahaya untuk kesehatan lingkungan.

Teknologi yang digunakan adalah biomass combustion – secondary & tertiary air – dengan sistem cross draft.

Sedangkan pembakaran berbentuk natural draft dengan gas detention time 1.2 – 1.9 detik. Gas terbakar sempurna dan asap akan berwarna jernih transparan yang selanjutnya dikeluarkan lewat cerobong.

#incinerator #insinerate #insinerator #limbahmedis #ngo # medicalwaste #wastetreatment #solidwaste #solidwastreatment