Penyemaian Benih Moringa/Kelor

Salah satu program utama di P3M PT.KPC-YDD adalah penanaman bibit moringa atau biasa kita kenal dengan nama Kelor.

Sampai detik ini, kami mencoba berbagai cara agar penyemaian bibit Kelor dapat tumbuh dengan baik. Beberapa cara tidak membuahkan hasil yang baik, hasilnya banyak benih Kelor mati sebelum benar-benar berkembang. Beberapa diantaranya terserang hama.

Teknik penyemaian yang mungkin jamak berhasil di tempat lain dan ketika kami mencoba menerapkan di sini malah gagal. Faktor penyebab kegagalan bermacam-macam seperti kondisi tanah, cuaca, dan beberapa hal lainnya.

Beberapa teknik penyemaian yang gagal tersebut menjadi catatan penting bagi kami. Mencoba dengan teknik baru atau mengadaptasikan teknik yang telah dicoba. Maksud dari mengadaptasikan adalah memodifikasi polanya untuk disesuaikan dengan kondisi lapangan.

#baselinestudy #csr #socialresponsibility #sinarmas #ptkpc#masyarakat #communitydevelopment #communityempowerment#kompos #pupuk #pupukorganik #csr #corporateresponsibility #kpc#borneo #kalimantan #kalbar #kalimantanbarat #semitau #suhaid#pertanian #budidayasayur #comdev #kartikaprimacipta#pemberdayaan #moringaoleifera #miracletree #vegetable #women#poor #people #womenempowering #organic #freshvegetable #comdev #p3m #kelor